Tuesday, March 8, 2016

KEINDAHAN CANARY ISLANDS



KEINDAHAN CANARY ISLANDS



     Kejar-Kejaran mobil antara Brian dan Dom Toretto membuka film Fast & Furious 6. Adegan itu langsung menarik bukan saja karena balapannya, tapi juga lokasinya. Ceritanya, saat itu Walker (Brian) sedang terburu- buru menuju tempat sang istri, Mia, yang hendak melahirkan. Mereka berdua memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan, di pinggir tebing tinggi.  Jalanan yang lumayan sempit itu berkelok-kelok, mengikuti kontur pegunungan. Di sisinya cuma diba- tasi tembok setinggi satu meter. Agak mengerikan melihat adegan itu.  Bagaimana tidak? Kalau meleset sedikit saja, bi- sa-bisa mobil yang dikendarai kedua jagoan jalanan itu mungkin terjun ke jurang. Tapi tidak, keduanya selamat sampai di tempat Mia melahirkan.  Dan saat itulah terpampang tulisan Canary Islands, Spain. Tapi kita tidak akan membicarakan kelanjutan cerita di film itu ya. Kalau kepingin tahu, ya  silakan menonton filmnya di bioskop. 
      Canary Islands terletak di selatan Benua Eropa atau di pantai barat laut Afrika. Kawasan ini masuk ke dalam wilayah otonom Spanyol. Sedikitnya ada tujuh pulau nan indah di sini.  Sebut saja Gran Canaria, Fuerteventura, Lanzaro- te, Tenerife, La Gomera, La Palma, dan El Hierro. Pulau-pulau itu kerap menjadi pilihan berbulan madu setelah kota terkenal, Barcelona.  Canary berasal dari bahasa latin ‘canariae’ yang artinya anjing. Entah kenapa begitu. Namun konon, nama Canary dipilih karena banyak pulau dihuni burung kenari (serinus canaria). 
       Meski terpencil, Canary Islands sepertinya cukup digandrungi wisatawan. Setiap tahunnya, tercatat ada sekitar 12 ribu pelancong yang datang.  Salah satu penariknya adalah iklim subtropis. Di- tambah dengan berbagai destinasi unik dan panorama alam nan indah. Mata Anda akan dimanjakan seketika!  
el Hierro
       Merupakan pulau terkecil di antara tujuh pulau di Kepulauan Canary. Dikenal dengan Meridian Island dan dijuluki sebagai ‘ujung dunia’. Ya, pulau ini dilalui garis meridian atau garis bujur 0°.  UNESCO menetapkan El Hierro sebagai Biosphere Reserve karena ada berbagai flora dan fauna yang harus dilindungi. Salah satunya keindahan bawah lautnya.
      Traveler biasanya melakukan snorkeling dan diving di sini. Bahkan, El Hierro dianggap juga sebagai spot diving terbaik di Spanyol karena aneka ragam ke- indahan bawah lautnya.  Tak jarang juga lumba-lumba, hiu, atau paus kita temukan di sepanjang pantainya. Selain itu, spesies unik yang dapat ditemukan di pulau ini adalah kadal raksasa (gallotia simonyi).

la Gomera
       Merupakan salah satu pulau paling favorit di Ca- nary Islands. Banyak dikunjungi wisatawan Eropa. Sebabnya, di musim dingin pun sinar matahari masih memancar hangat. Jadi tak perlu repot pakai mantel.  Hermigua menjadi destinasi yang wajib dikunjungi jika pergi ke pulau ini. terdapat workshop kerajinan tangan setempat. Atau ke El Cercado, di sini terdapat workshop keramik.  Ada juga Taman Nasional Garajonay. Berkunjunglah ke ICONA,
        lokasi pelestarian dan reboisasi tanaman khas La Gomera. Ada pula Roque Blanco, tempat persinggahan burung-burung yang akan beremigrasi ke Kuba atau Venezuela. Kalau belum lelah, silakan lanjutkan perjalanan Anda menuju Valle Gran Rey. Merupakan lembah para raja-raja. Terdapat pahatan alam di tebing- tebingnya.  Nikmati juga keteduhan Desa La Playa, Vueltas, dan Calera yang terletak di delta yang subur. Pohon pisang banyak sekali ditemukan di sini dan tentu saja Anda bisa menikmati buahnya yang  mengenyangkan.

Teide naTional ParK
       Taman nasional yang berada di Pulau Tenerife ini merupakan yang tertua di Spanyol. UNESCO mengangkatnya sebagai situs warisan dunia pada 29 Juni 2007.  Pengunjungnya mencapai 2,8 juta per tahun. Di da- lamnya, Anda dapat melihat Gunung Teide, gunung api tertinggi di Spanyol. Ketinggiannya mencapai 3.718 mdpl.  Karena dekat dengan gunung api, tingkat kesuburan tanah di taman nasional ini cukup tinggi.
       Ada sekitar 168 spesies flora di sini, 33 di antaranya merupakan spesies endemik.  Sedangkan faunanya, sebagian besar dihuni oleh spesies invertebrata, semisal laba-laba dan kum- bang. Satu destinasi unik yang rasanya sayang untuk dilewatkan.  
las Palmas
       Terletak di Pulau Gran Canaria, pulau terbesar di Kepulauan Canary. Jumlah penduduknya mencapai 700 ribu sehingga menjadi kota terpadat di Spanyol.  Kini dikembangkan sebagai kota pariwisata. Mudah menemukan resor, hotel bintang lima, dan mal di sini. Konsepnya sedikit mengikuti Palm Springs di California atau Palm Beach di Florida.  Di sini, Anda bisa menikmati panorama pantai Los Cancajos. Pantai berpasir hitam yang dipadu dengan bebatuan hitamnya. Sesekali kita jumpai kepiting merah yang muncul dari balik pasir

No comments:

Post a Comment